Tim pengarungan berfoto di kampung Ulu resort

Tim pengarungan berfoto di kampung Ulu resort

              Pagi menyongsong bambu-bambu muda di pinggiran sungai Elo Magelang. Para tamu dan pemandu rafting berlalu lalang saling menjemput. Ya, pagi itu 25 Desember 2015 tim Equator Indonesia mendapatkan tamu dari Yogyakarta, terdiri dari keluarga besar sejumlah 4 mobil ditambah satu mobil yang menyusul.

            Wajah-wajah semangat nan sumringah terpancar dari para peserta rafting yang kebanyakan orang tua ini. Ada juga anak-anak mereka yang masih SD diajak ikut serta,  juga anak SMP sampai kuliah. Hebohnya, kebanyakan dari mereka belum pernah mencicipi olahraga lumayan ekstrim ini. Tapi namanya senang, yang namanya kesulitan dilupakan.

Pemanasan sebelum pengarungan

Pemanasan sebelum pengarungan

            Sebelum melakukan aktivitas di sungai Elo para tamu diarahkan menaiki angkutan yang dimodifikiasi sedemikian rupa, di atas angkutan boat rafting diangkut juga dari Kampung Ulu Resort ke tempat awal rafting selama 15 menit. Setelah sampai para adventurer ini diberi arahan oleh skipper (orang yang memimpin rafting selama pengarungan). Mulai dari bagaimana cara menggunakan dayung yang baik dan benar sampai evakuasi untuk naik lagi saat boat terjungkal. Saat briefing ini banyak pula yang bertanya lucu seputar rafting.

“Pak, bagaimana kalau boat rafting bocor terkena batu?”

Langsung saja skipper nyeletuk :

”Tambal pakai gemblong (makanan tradisional berupa ketan) Pak!”

Lalu para peserta tertawa terbahak-bahak bersama.

Boat rafting dirancang sesuai dengan medan yang dilalui. Kondisi sungai Elo stabil dan normal, artinya masih di bawah grade IV yang cocok buat pemula. Batu-batuan sungai tidak tajam, jadi boat tetap aman. Walaupun saat pengarungan mengalami bocor, para penumpang tetap bisa berenang karena dilindungi dengan pelampung dan helm. Beda lagi kalau sungai tergolong kategori grade V, maka diperlukan tindakan-tindakan safety first yang lebih lengkap, selain skill rafting yang mumpuni juga.

Menikmati kelapa muda di rest area sungai Elo

Menikmati kelapa muda di rest area sungai Elo

            Yang unik dari rafting di Elo, Anda akan istirahat di tengah perjalanan untuk minum kelapa muda dan gorengan yang disedikan di Rest Area Rafting Elo. Selama setengah jam menikmati hidangan ada juga yang langsung beranjak ke boat yaitu dua anak kecil yang mainan dengan boat. Ketika mengantar tamu keluarga akan berbeda dengan tamu mahasiswa. Karena tipe keluarga yang macam-macam terdiri dari anggota keluarga yang muda, tua sampai balita. Sangat disarankan anak-anak  yang ikut rafting sudah berumur di atas 5 tahun untuk safety procedurnya.

Melewati jeram-jeram sungai Elo dengan gradien II - III

Melewati jeram-jeram sungai Elo dengan gradien II – III

            Setelah makan dan minum para tamu melanjutkan perjalanan, hingga sampailah di jeram bottle neck. Dinamakan demikian karena bentuk jeram yang menyerupai leher botol minuman.  Sepanjang perjalanan akan ditemui kejadian-kejadian yang “unik” mulai dari warga yang mencuci pakaian di sepanjang jalan sampai orang mandi (Hihihi). Sangat disayangkan sekali saat musim air, di Elo sangat keruh kecoklatan tapi aliran air deras sebaliknya saat kemarau air hijau toska tapi aliran arus lemah. Selain itu banyaknya saluran pembuangan akhir yang berakhir di sungai Elo membuat ekosistem sekitar sungai tercemar sedikit demi sedikit. Perlu adanya evaluasi bersama antara pemilik penyewaan rafting, warga sampai pemerintah agar pemberian Tuhan yang indah sekaligus menantang ini dapat dinikmati anak cucu kita.

Bersama-sama mengangkat perahu di finish sungai Elo

Bersama-sama mengangkat perahu di finish sungai Elo

            So, jadi kapan mau rafting di sungai Elo!? Equator Indonesia siap melayani Anda dengan full service mulai dari skipper yang handal sampai foto-foto keseruan kalian berarung jeram. Sampai bertemu di Elo Rafting Magelang! :D

~ Alvin Malana

.freelance guide.freelance photographer

Equator Indonesia

RAFTING SUNGAI ELO 25 DESEMBER 2015 bersama keluarga besar Taruna Al Hadiid

Notes

  • Untuk pemesanan paket Elo Rafting, silakan klik di sini
  • Untuk paket dokumentasi rafting, silakan klik di sini

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.
Fill Captcha
Fill Captcha