JeJamuran adalah resto perintis yang menawarkan beraneka masakan berbahan dasar jamur. Bahan baku jamur mengandung berbagai macam asam amino, mineral, vitamin dan senyawa bioaktif yang baik bagi kesehatan. Jamur juga telah terbukti menaikkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan kandungan lemah dalam tubuh, menghambat partumbuhan tumor, antiinflmasi dan antimikroba.

 

Jamur yang digunakan sebagai masakan beraneka ragam, seperti jamur tiram (pleorotus ostreatus), jamur merang (volvariella volvacea), jamur shiitake (lentinula edodes), jamur kancing (agaricus bisporus), jamur lingzhi dan lainnya.

 

Menu masakan yang ditawarkan jeJamuran adalah masakan tradisional khas Indonesia antara lain sate jamur, tongseng jamur, rendang, asam manis, dan pepes jamur. Selain itu ada sup jamur kuah bening dan sup krim jamur. Setiap harinya, resto ini juga menwarkan menu spesial yang berbeda seperti tumis jamur lombok ijo dan gudeg jamur. Untuk minuman khas Jejamuran, yang ditawarkan adalah wedang jejamuran, yaitu minuman dengan pencampuran bahan bahan seperti madu, jamur lingzhi serta rempah rempah.

Resto jeJamuran ini buka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Ruang makan yang luas dengan dan band pengiring menambah keistimewaan resto ini. Selain itu, di areal sisi belakang resto terdapat contoh jenis-jenis jamur dalam baglog-baglog media tumbuh jamur yang sengaja ditata untuk bisa dilihat pengunjung.

 

Bapak Ratidjo, sang pemilik resto menuturkan bahwa jeJamuran ini merupakan usaha yang dikembangkan untuk mendukung usaha pembibitan jamur yang terlebih dahulu dikembangkan mulai tahun 1997. Sebagaimana ide dasar usaha ini adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang manfaat jamur dengan menciptakan budaya memasak jamur dengan resep masakan tradisional, hingga usaha para petani jamur jadi berkembang. Jejamuran juga membuka kesempatan bagi yang berkeinginan belajar tentang budidaya jamur, atau sekedar memberikan penjelasan mengenai jamur kepada pengunjung jejamuran setelah menikmati berbagai hidangan dari jamur. Jejamuran juga membuka kesempatan bagi lembaga pendidikan, serta lembaga lain, terutama untuk anak-anak TK dan SD untuk mendapatkan pengetahuan mengenai jamur.

 

Ingin tahu seberapa spesialnya masakan di resto ini atau ingin belajar budidaya jamur? Silakan mengunjungi tempatnya langsung ^_^

 

 

Alamat Resto jeJamuran Niron Pendowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Telepon 0274 – 868170. Untuk menuju lokasi Jejamuran sangat mudah, letaknya tidak jauh dari pusat kota Sleman, Anda yang dari Jogja ke arah Magelang, dari perempatan lampu merah alun-alun kota Sleman terus saja sampai lampu merah berikutnya di perempatan Beran lor (ada papan nama Jejamuran di pinggir jalan), belok kanan sekitar 800 meter di kiri/utara jalan.

 

~ Nurul Fitriani

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.
Fill Captcha
Fill Captcha