Mount Arjuno – Welirang Trekking

mount anjasmoro from welirang

Jawa Timur adalah salah satu wilayah terpenting di Jawa yang masih memelihara kekayaan hutan tropis di dalamnya. Pegunungan hijau membelah di tengah-tengahnya dari ujung barat hingga ujung timur. Dengan hutan tropis yang menjadi hulu dari puluhan sungai besar di situ. Gunung Arjuno dan Welirang adalah salah satunya.


Dengan ketinggian di atas 3000 meter, gunung ini terlihat mencolok karena berada di tengah-tengah Jawa Timur dan berada dekat dengan kota terbesarnya, Surabaya. Di kawah gunung Welirang, terdapat penambangan belerang tradisional yang tiap hari menjadi ladang pencaharian masyarakat desa di lerengnya. Yang menurut mereka mempunyai kualitas lebih bagus daripada belerang yang ditambang di kawah Ijen. Sementara itu dari puncak gunung Arjuno kita dapat melihat semua gunung-gunung tinggi yang berjejer dari timur hingga ke barat.


Equator Indonesia mengajak Anda untuk mendakinya. Mari melihat hijaunya Jawa Timur dari ketinggian gunung Arjuno – Welirang.

Itinerary


Hari 1


7 am
Kami akan menjemput Anda di kota Surabaya (hotel, bandara, stasiun dll)


7 – 9 am
Perjalanan dengan mobil ke starting point pendakian gunung Arjuno – Welirang di Tretes, kecamatan Pandaan, Pasuruan.


9 – 10 am
Kita telah tiba di Tretes. Tretes adalah salah satu daerah wisata pegunungan terkenal di Jawa Timur. yang berada pada ketinggian 900 meter dpl. Di sini kita akan melakukan persiapan sebelum melakukan pendakian hari pertama.


10 – 12.30 am
Pendakian hari pertama. Sepanjang perjalanan kita akan melewati jalan makadam membelah hutan yang dilalui mobil-mobil jeep pengangkut belerang. Tiap hari mereka naik mengambil belerang dari pos Pondokan lalu membawanya pulang ke desa.

Mobil-mobil jeep ini akan menjemput belerang dari atas



12.30 – 1 pm

Lepas siang hari, kita akan beristirahat di pos Kokopan (1600 meter dpl). Salah satu pos peristirahatan para penambang belerang. Ada mata air yang jernih di situ. Dan saat musim pendakian, warung-warung akan menjajakan makanannya di sini.


1 – 4 pm
Kita berjalan mendaki kembali. Kali ini dengan trek yang lebih menanjak di rimbunnya hutan pinus. Masih melalui jalan makadam selebar 3-5 meter yang kadang-kadang rusak dan hanya mungkin dilalui oleh kendaraan bertenaga besar.


4 pm
Kita telah tiba di Pos Pondokan (2500 meter dpl). Pos Pondokan adalah percabangan jalan di antara gunung Arjuno dan Welirang. Jika kita berjalan ke kiri (selatan), itu berarti kita akan mencapai puncak Arjuno. Jika kita berjalan ke kanan (utara), itu berarti kita akan mencapai puncak Welirang yang merupakan pusat penambangan belerang.


Pondokan sendiri merupakan tempat transit belerang yang diangkut oleh para pekerja dengan gerobag dorong dari puncak Welirang, untuk kemudian dibawa turun ke desa dengan menggunakan jeep. Beberapa pondok sederhana dari kayu dan beratap jerami dibangun di situ sebagai tempat peristirahatan para pekerja belerang yang menginap di sana selama berhari-hari. Mata air pun mengalir dengan jernih di situ, dan tetap mengalir di musim kemarau.


Kita akan menghabiskan 2 malam di tempat ini dengan tidur di dalam tenda.

Suasana sunrise di Pondokan




Hari 2


5 am
Selepas menghangatkan diri dengan minuman hangat, kita akan bersiap untuk mencapai puncak gunung Arjuno (3300 meter dpl).


5 – 9 am
Menjelang sunrise, kita memulai summit attack. 30 menit pertama adalah trek landai hingga mencapai sebuah padang rumput yang akrab disebut “Lembah Kidang”. Konon katanya dahulu masih banyak berkeliaran sekumpulan kijang di lembahan ini. Ada sebuah mata air di sini, dan itulah mata air terakhir sebelum mencapai puncak Arjuno. Puncak Arjuno sudah terlihat dari sini. Lalu kita akan melalui sebuah lembahan kecil yang terdiri atas beberapa buah sabana kecil yang dihiasi oleh bunga-bunga kuning. Pohon-pohon pinus memagarinya. Dari sinilah perjalanan akan mulai menanjak terjal hingga mencapai puncak.

Melintasi lembahan yang penuh bunga-bunga kuning



Masih 700 meter lagi di atas, puncak masih terlihat seperti tonjolan kecil di atas. Panas mulai menyengat namun agak mulai tersamarkan oleh semilir angin di hutan pinus terakhir ini. Cantigi dan edelweisz mulai dijumpai. Di utara sana, akan mulai terlihat gunung Welirang yang berada di balik gunung Kembar 1 dan gunung Kembar 2 di antara gunung Arjuno dan Welirang.


9 – 10 am
Hampir 3-4 jam perjalanan dan kita akan mencapai sebuah titik ketinggian yang ditandai oleh tumpukan batu-batu besar di atasnya tanpa vegetasi. Setiap titik ketinggian yang berada di Jawa Timur terlihat. Di sebelah timur tampak berjejer gunung-gunung seperti pegunungan Tengger, Semeru, Argopuro, Raung dan Merapi-Ijen. Di sebelah barat tampak gunung Anjasmoro, Kelud, Wilis, Lawu. Dan di sebelah utara terlihat kecil terselimut awan yaitu gunung Penanggungan. Ketinggian kita sudah berada di atas 3300 meter dpl.

Welirang terlihat dari gunung Arjuno



10 – 1 pm

Perjalanan menuruni gunung Arjuno, kembali menuju camp Pondokan dengan jalur yang sama.


1 – 3 pm
Istirahat, sembari menikmati makan siang di Pondokan.


7 pm
Makan malam di Pondokan. Kita akan kembali menghabiskan malam ke-2 di sini, di dalam tenda.



Hari 3


5 – 8 am
Seperti kemarin, kita akan memulai perjalanan mencapai puncak Welirang sebelum sunrise. Trek akan melalui jalan makadam yang biasa dilalui para penambang belerang. Para penambang belerang menaiki puncak Welirang 1 kali sehari dan itu dilakukan selama 4 hari dalam seminggu. 3 hari berikutnya mereka libur untuk pulang ke desa, begitu seterusnya. Dalam 1 kali angkut, mereka bisa mengangkut 100 kilogram belerang di dalam gerobak dorongnya yang dijual seharga 2000 rupiah per kilogramnya. Belerang-belerang tersebut akan ditimbang di Pondokan sebelum diangkut ke desa dengan menggunakan jeep.


Tak seperti trek gunung Arjuno, trek untuk mencapai puncak Welirang ini sangat jelas. Tersusun dari batuan yang ditata sedemikian rupa hingga gerobak beroda bisa melaluinya. Normalnya, seorang pendaki akan mencapai puncak dalam waktu antara 2,5-3 jam.


8 – 8.30 am
Kita telah mencapai puncak Welirang yang lebih menyerupai sebuah gundukan bukit kecil di pinggir kawah. Ketinggian di situ mencapai lebih dari 3150 meter dpl. Di depan terdapat kawah berdiameter sekitar 80 meter dengan kedalaman mencapai 50 meter. Di seberang kawah tampak asap mengepul pekat, di situlah lokasi pertambangan belerang berada. Seperti halnya dari puncak Arjuno, pemandangan seluruh Jawa Timur dapat terlihat dari sini. Cuaca yang cukup panas dengan bau belerang yang menyengat pada pagi hari menyebabkan kita tak dapat berlama-lama di sini.

Kawah Welirang



8.30 – 10 am

Perjalanan turun kembali menuju camp Pondokan.


10 – 11 am
Istirahat dan makan siang. Bersiap untuk melakukan perjalanan turun ke desa.


11 – 3 pm
Perjalanan turun kembali menuju desa, melewati jalur yang sama dengan jalur naik.


3 – 5 pm
Tiba di Tretes dan mobil akan mengantarkan kita kembali ke kota Surabaya.
Trip telah berakhir



Fasilitas :

Guide
Porter
• Tenda
Breakfast, lunch, dinner di gunung
Snack, air
• Transportasi dengan mobil, Surabaya-Tretes dan Tretes-Surabaya
• Registrasi
• Asuransi



Yang seharusnya dibawa :

• Jaket
• Pakaian dan penggantinya
Sleeping bag
Rain coat / ponco
Head lamp / senter
• Obat-obatan pribadi
• Sepatu trekking
• Sarung tangan dan kaos kaki
Head gear
• Day pack
• Camera



Harga :

contact us by e-mail info@equator-indonesia.com



Pemesanan :

• Kirim e-mail ke alamat info@equator-indonesia.com. Silakan memesan paket pendakian yang akan Anda jalani.
• Silakan melunasi pembayaran sebesar 50 % seminggu sebelum pendakian. 50 % berikutnya akan dibayarkan setelah pendakian.
• Jika pembatalan oleh pihak klien, maka pembayaran tak bisa dikembalikan. Jika pembatalan karena force majeur, maka pembayaran akan dikembalikan.
• Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi +62 274 839 1263 (Jarody Hestu)



Share

You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Mount Arjuno – Welirang Trekking”

  1. Kris Purwoko says:

    Saya tertarik utk ikut trekking arjuno welirang, mohon info jadwal open trip , syukur jika jadwalnya 14-16 Sept 14, krn pd tgl tsb posisi sy sdg di Trawas, reuni di gn Penanggungan. thxsBy79

  2. jarody hestu says:

    Oke, akan kami kabarkan jika ada. Detil lengkap open trip update di website ini. Trimakasih. :)

Leave a Reply

Fill Captcha
Fill Captcha

Powered by WordPress | Feed | Sitemap