Akan dibawa kemanakah petualangan-petualangan kita? Apakah cukup dengan memotret pemandangan-pemandangan indah lalu menulis dan menyebarkannya kepada dunia? Petualangan akan menjadi lebih bermakna jika kita membawanya kepada manfaat. Manfaat seperti apa? Humanity.

Begitulah, di “tempat-tempat yang entah” kita akan berinteraksi dengan manusia-manusia sederhana. Bogowonto, dengan ribuan masyarakat sederhana tinggal di tepiannya. Apa yang harus dilakukan? Jika arung jeram adalah salah satu kegiatan baru di alirannya, lalu bagaimana arung jeram dapat membawa manfaat bagi mereka? Itulah sejatinya visi yang harus diamanatkan kepada petualangan Indonesia.

Kami hanyalah salah satu perencana wisata yang terbangun melalui hobi dan kebersamaan di alam bebas, di gunung, hutan, sungai, goa, tebing maupun pantai dan lautan. Yang ingin mengenalkan sungai Bogowonto kepada masyarakat wisata Indonesia. Inilah sungai Bogowonto, sebagai wahana baru wisata arung jeram Indonesia. Sebuah harapan bahwa jikalau perkembangan wisata di sini positif, tentunya akan bermanfaat pula. Untuk siapa? Prioritas terbesar tentu saja untuk Bogowonto sendiri, untuk para masyarakat tepian sungai Bogowonto. Yang terbaik untuk Bogowonto.

Rangkaian survey baik darat maupun air di sungai Bogowonto ini menjadi langkah awalnya. Segala konsep pikiran dan tenaga dayungan telah kami curahkan sepanjang bulan April-Mei 2011 kemarin. Langkah awal untuk membuka operasional kami di Bogowonto Raft mulai penghujan 2012 ini.

Segala puji kami curahkan kepada Allah SWT, dari-Mu air mengalir ke bawah menuju peraduannya di hilir. Kepada orang tua kami yang selalu berlapang dada melihat tingkah laku kami di dalam kegiatan alam bebas yang penuh resiko, terima kasih atas dampingan do’anya. Terima kasih teruntuk masyarakat desa Panungkulan, desa Bener dan desa-desa lain di tepian sungai Bogowonto. Semoga suatu saat akan menjadi manfaat. Terima kasih teruntuk keluarga besar Nurul Fitriani, rumah persinggahan kami selama bermalam-malam di Purworejo. Terima kasih Mendut Raft, atas titipan perahu merahnya yang telah mengarungi sungai Bogowonto dari atas hingga ke bawah. Terima kasih teruntuk Palapsi dan Silvagama atas informasi pentingnya tentang sungai Bogowonto. Terima kasih teruntuk senior kami, Gunawan Wahyudi dan Agus Tri Wibowo atas dampingannya selama pengarungan Bogowonto atas. Terima kasih teruntuk tim rafting Satu Bumi; Prasidyo “Wiwit”, Dwi Sukma, Nourish, Almy Ruzni, semoga selalu berada di jalan alam. Terima kasih teruntuk Satu Bumi, atas sekolah alam-nya kepada kami. Terima kasih teruntuk tim pendukung yang belum tersebut satu persatu. Terima kasih Purworejo, aliran sungai yang membelah perbukitannya telah memberikan inspirasi kepada kami.

Eling duren, eling Purworejo.
Mrau nang kalen, kalene Bogowonto.
Sugeng rawuh teng Purworejo.
Sugeng ngarung Bogowonto.
..matur nuwun :)

Selesai

menuju Bogowonto Raft 2012

~ jarody hestu
www.equator-indonesia.com

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.
Fill Captcha
Fill Captcha