Namanya Pak Min, petani sederhana di lereng utara gunung Merapi. Yang menyambut pagi dengan menghangatkan diri di perapian pawon rumahnya. Lalu menghirup aroma kopi tubruk buatan menantunya sebelum bergelinjang dengan hangatnya surya di tegalan. Rumah kecil yang selalu ramai tiap akhir pekan. Ya, rumah ini adalah tujuan utama para pendaki sebelum menapaki setapak Merapi hingga Garuda.

Sudah 10 tahun ini saya berteman baik dengan beliau, menjadi sahabat bagi keluarganya. Merasa kecil di depan mereka dan para penduduk dusun Plalangan. Kenapa merasa kecil? Ya, perjuangan mereka untuk meraih kehidupan adalah metamorfosis yang tak instant, tak seperti di kota yang terkekang dengan label “blackberry”.

Ada beberapa tempat di Jawa yang menakjubkan ini, di mana saya bisa merasakan betapa berharganya hidup yang sederhana. Tempat-tempat seperti Ranu Pane, Kinahredjo, Selo dan tentu saja di Glenmore. Saya “bersekolah” di tempat-tempat itu. Orang-orang seperti Pak Min, Pak Rosyid (Glenmore), Pak Misno (Glenmore) dan Simbah (Maridjan) yang menjadi “gurunya”. Petuah-petuah yang takkan luruh begitu saja oleh basuhan perjalanan, karena petuah-petuah itu abadi, aminn.

Tutur Pak Min setiap kali saya bersua ke rumahnya,
“Ealah, sampeyan meneh to mas Jarod.”
Ya, setiap bulan saya mendaki Merapi, dan saya bercengkerama dengan mereka. Bukankah hal seperti ini adalah sebuah emas, seperti sebuah kehambaran jika kita hanya melihat Garuda tanpa berkelana dengan apa yang ada di bawahnya.

Sangat banyak orang-orang tua bijaksana di lereng-lereng gunung yang akan Anda daki. Bercengkeramalah dengan mereka, karena dengan mengerti mereka, Anda akan memandang puncak gunung sebagai sesuatu yang bijaksana. Tanpa ego tinggi bahwa pencapaian puncak adalah segalanya. Kita “bersekolah” di sana lalu memilih mereka sebagai “guru” kita. Karena guru adalah selamanya.

~ jarody hestu
21 Maret 2010

photograph by : Maufiroh Isnainto

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.
Fill Captcha
Fill Captcha