Kami menyebutnya jalur VIP, ini adalah jalur temudah untuk menuruni luweng Jomblang. Ada sekitar 5 jalur yang dapat dipakai rappeling (menuruni tali) di sekitar luweng. Sebagian besar di antaranya memakai batang pohon jati maupun lobang batuan karst sebagai pengaman emasnya dan berada di atas permukaan luweng yang berkedalaman 40 meter ini.

Teras VIP sendiri berada di tengah-tengah permukaan tebing luweng (satu-satunya jalur yang berada di tengah permukaan tebing). Dapat dicapai setelah berjalan scrambling menuruni permukaan Jomblang sejauh 20 meter ke bawah. Tentu saja dengan berpegangan pada pengaman tali/webbing, lebih safety lagi jika caver turun dengan bantuan stopper yang membelit tali. Sangat tidak disarankan untuk berjalan turun free scrambling dari permukaan atas luweng menuju teras VIP.

Teras VIP adalah titik aman terakhir sebelum turun menuju dasar Jomblang. Dari sini caver akan rappeling sejauh 20 meter menuju dasar luweng Jomblang. Tak terlalu sulit untuk menuruni kedalaman 20 meter, hanya mungkin sedikit menggugah tekad untuk berani melawan ketakutan itu sendiri. Seorang caver selalu percaya pada alat yang akan membimbingnya menuju target yang akan dicapai. Sementara alat itu sendiri percaya kepada kemampuan caver maupun instruktur dalam mempergunakannya. Sinergi itulah yang terjadi antara seorang caver dan alat.

Teras VIP tak begitu luas, maksimal 8 orang dapat duduk di situ. Sambil menunggu giliran untuk turun ke dasar luweng Jomblang. Ada 2 batang pohon yang menggelayut di igir-igir tebing, di depan pohon adalah jurang setinggi 20 meter. 2 batang pohon inilah yang selama ini menjadi anchor bagi pengaman emas teknik rappeling. Sementara akar-akar pohon yang terletak di belakang teras menjadi pengaman peraknya. 2 buah pengaman adalah standar minimal untuk rappeling. Beberapa tahun yang lalu, masih ada jalur free (tanpa pengaman) yang terletak di sebelah kiri teras. Jalur ini sering dilalui oleh para penduduk untuk turun ke bawah mencari sarang walet. Namun telah longsor saat ini, dan luweng Jomblang sudah tak dapat dituruni tanpa pengaman tali saat ini. Mungkin sesekali ada penduduk lokal yang melakukannya, namun hal seperti ini tak direkomendasikan untuk para caver.

Bagaimana menaiki luweng Jomblang? Mungkin terlihat begitu mudah melihat seorang caver menaiki tali dengan gaya seperti katak. Tak begitu sulit juga jika seorang pemula mampu menguasai dasarnya. Kesulitan utama ascending (menaiki tali) adalah metode menghemat dan memanfaatkan tenaga. Akan lebih sulit seiring panjang tali yang harus dinaiki. Menaiki tali sepanjang 20 meter masih merupakan hal yang mampu dikuasai pemula dengan cepat. Seorang pemula dapat menaiki tali menuju teras VIP dalam waktu 10-15 menit.

Percayalah pada alat, sabar, jangan panik terhadap keadaan dan mari merasakan takut, karena berani takut itu baik :)

~ jarody hestu

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.
Fill Captcha
Fill Captcha