Lebih mahal dari keping emas berjuta harga. Anda tak akan pernah bisa mengukirnya sedemikian rupa, secantik apa yang telah diulir oleh jutaan tera air dari entah beribu tahun yang lalu. Tetes air datang dari atas, dari lobang raksasa di ketinggian 80 meter itu. Dari sulur-sulur ranting yang mencoba masuk sembunyi dari mentari. Tetes-tetes air yang sebenarnya takkan pernah menduga bahwa ribuan tahun lagi mereka akan menjadi batu. Ya, lebih mahal dari emas.

Flowstone, stalagtit, stalagmit, dome, dan beratus jenis batuan goa yang lain merupakan penghuni surga bawah tanah itu. Mereka bersembunyi selama ribuan tahun, sebelum manusia datang untuk membukanya. Ya, segalanya berawal dari jiwa petualangan manusia, menjadi seorang “penemu benua baru”. Laut yang terseberangi demi sebuah daratan, gunung-gunung yang ditembus untuk menaklukkan musuh dari sisi yang penuh kejutan, kedalaman air yang diselami juga permukaan bawah tanah yang penuh lobang mereka telusuri. Demi kearifan manusia, ilmu pengetahuan maupun sejenak mencari jatidiri.

Sejatinya goa ditelusuri seperti halnya bagian bumi yang lain, untuk apa mereka ditelusuri. Simbiosa yang merupakan perwujudan sinergi antara manusia-alam dan Tuhan. Tiga sinergi yang semestinya menjadi pedoman untuk apa kita “berjalan”. Andaikan batu di dalam goa bisa berbicara, mungkin meraka akan berterima kasih kepada manusia, karena manusia telah menemukannya. Dan menjadi faedah bagi masyarakat sederhana di atasnya. Coba Anda bayangkan, ratusan sungai bawah tanah di Gunungkidul sejatinya mampu untuk memenuhi dahaga masyarakat karst di sana. Tinggal bagaimana manusia memikirkan, bagaimana air itu mampu naik ke atas. Ya, ilmu pengetahuan untuk kearifan lokal.

Dan begitulah, mencintai batuan goa adalah simbolisasi pemaknaan tentang berharganya ekosistem karst di Indonesia. Karst adalah salah satu elemen besar pembangun dataran negeri ini. Save karst!

..bersambung

~ jarody hestu

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.
Fill Captcha
Fill Captcha