Tak ada habisnya menyusuri kegelapan bawah tanah di pegunungan Kidul yang membentang dari Jogja hingga Pacitan dan Tulungagung. Di bawah permukaan karst yang kering ini tersimpan air yang melimpah dalam bentukan sungai bawah tanah. Sungai-sungai ini membentuk labirin di bawah tanah yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan berhilir di Samudra Hindia.

 

Goa Cerme adalah salah satu bentukan labirin itu. Goa Cerme berada di kecamatan Imogiri, Bantul, sekitar 1 jam perjalanan dari Jogja. Bentukan goa ini adalah horizontal, dan dapat dilalui dengan trekking basah. Tak perlu ketrampilan tali temali untuk menyusuri goa ini.

 

Dari mulut goa hingga pintu keluar goa Cerme dapat disusuri dalam waktu normal 2 jam. Namun tentunya akan lebih banyak waktu yang akan kita ambil lagi untuk belajar tentang speleologi (ilmu yang mempelajari tentang goa). Sambil mengabadikannya dalam fotografi.

 

Bergabunglah dengan kami, Equator Indonesia, petualangan menyusuri kegelapan abadi Goa Cerme. Save karst..

 

Berikut paket perjalanan yang kami tawarkan kepada Anda.

 

Itinerary :

08.00

Kami akan menjemput Anda di kota Jogja pada tempat yang telah disepakati (bandara/hotel/terminal/stasiundll).

08.00-09.00

Perjalanan menuju goa Cerme di Imogiri, Bantul.

09.00-10.00

Kita telah tiba di pelataran Goa Cerme. Instruktur akan terlebih dahulu melakukan briefing sebelum penyusuran goa Cerme. Sementara Anda bersiap memakai seluruh perlengkapan penyusuran goa.

10.00-13.00

Kita mulai menyusuri goa Cerme. Di awal perjalanan kita sudah berjalan di dalam air, mula-mula air hanya setinggi lutut. Lalu semakin ke dalam air mulai setinggi dada. Beberapa ekor lele putih tampak berenang di sekitar pintu masuk goa. Beberapa ornament cantik langsung menyambut kita di awal perjalanan.

Beberapa ornamen batuan di awal perjalanan

Di sini kita tak hanya menyusuri goa, kita akan bersama-sama mempelajari morfologi goa. Banyak karakteristik batuan yang asing di telinga kita dan itu menarik untuk dipelajari.

Belajar morfologi goa

Semakin ke dalam, semakin kaya pula ornament yang menyampuli seluruh permukaan goa. Air pun semakin tinggi dan kepala harus berhati-hati dan selalu menunduk, karena stalagtit di atas bisa melukai kita. Ada beberapa sisi di mana kita harus berjalan merangkak dengan air yang mencapai leher.

Hati-hati dalam berjalan, stalagtit dan stalagmit bisa melukai kita

Di tengah perjalanan dapat kita temui air terjun kecil setinggi 2 meter. Kita harus menaikinya, air terjun ini menjadi salah satu pesona yang pantas diabadikan oleh kamera. Ingat, hati-hati dalam membawa kamera. Usahakan selalu terlindung dalam bahan tahan air.

Di beberapa titik batuan, sering kita melihat sesajen diletakkan di atasnya. Di sini, orang-orang begitu menghormati budaya dan ini adalah salah satu penghormatan mereka terhadap mata air yang terkandung dalam aliran sungai bawah tanah.

Sesajen di atas flowstone

Setelah 3 jam trekking basah, kita akan sampai di pintu keluar goa yang berada di dalam wilayah kabupaten Gunungkidul.

13.00-13.30

Kita akan trekking menyusuri pedesaan dan hutan jati dari pintu keluar menuju pintu masuk goa Cerme. Trek itu sendiri berupa jalan makadam.

13.30-15.00

Tiba di pintu masuk goa Cerme. Beristirahat, bersih-bersih badan dan menikmati makan siang di sini sebelum pulang ke Jogja.

15.00-16.00

Perjalanan pulang menuju Jogja

 

Fasilitas :

Guide

Basecamp

Lunch

v  Logistik di goa

v  Sepatu Boat dan helm

v  Transport mobil AC, Jogja-Imogiri (Bantul)-Jogja

v  Perijinan

v  Dokumentasi foto

Dry bag

v  Asuransi

 

Yang seharusnya Anda bawa :

v  Pakaian cadangan

Head lamp atau senter

v  Obat-obatan pribadi

Daypack

 

Pemesanan :

  1. Kirim e-mail ke alamat info@equator-indonesia.com . Silakan memesan paket caving yang akan Anda jalani.
  2. Silakan melunasi pembayaran sebesar 50 % seminggu sebelum caving. 50 % berikutnya akan dibayarkan sebelum caving.
  3. JIka pembatalan oleh pihak klien, maka pembayaran tak bisa dikembalikan. Jika pembatalan karena force majeur, maka pembayaran akan dikembalikan.
  4. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi +62 81 328173781 (Jarody Hestu)

 

Harga                     :

silakan mengirimkan e-mail ke info@equator-indonesia.com 

 


No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.
Fill Captcha
Fill Captcha