Tiga bocah kecil duduk berjejer di pinggir kali. Di atas tebing batu setinggi 5-8 meter yang memagari sisi sebelah kiri kali Progo. Mereka menunggu dengan takjub perahu berwarna-warni yang akan melintas di depan mereka. Pemandangan unik bagi bocah desa seperti mereka, yang mungkin selalu mengisi senja dengan “keceh” (keceh=bermain air) di sepanjang aliran Progo.


Sementara tak seberapa jauh dari mereka, duduk juga bocah yang hampir sebaya. 10 tahun usianya. Satu yang membedakannya, bocah ini mengenakan pelampung dan helm di badan serta kepalanya. Bernard namanya, yang pertama kali saya kenal saat mengantarnya mendaki gunung Merapi setahun yang lalu.

Mereka duduk di tebing, di atas titik pengarungan yang menjadi trademark kali Progo ini. Ya, jeram Budil..jeram dengan grade kesulitan tertinggi di pulau Jawa-Bali. Terletak di aliran kali Progo, yang memanjang dari Temanggung hingga Samudra Hindia. Benar kata sang guide di perahu yang dinaiki Bernard,

“Anak ini masih terlalu kecil untuk melintasi Budil mas.” tuturnya sambil menoleh ke Bernard.

Dan begitulah, Bernard terpaksa harus berjalan kaki di pinggir jeram Budil. Lalu hanya duduk memandang takjub perahu berwarna-warni yang melintas bak seekor kuda liar dalam sebuah pertunjukan rodeo.

Setu-setu numpak prau, nglangikne iwak nang segere tirto,
kae-kae cah ayu, rene-rene podo moro.

(Sabtu sabtu naik perahu, melarungkan ikan di segarnya air, itu-itu bocah ayu, sini-sini bergabunglah)




Yup…9 perahu dengan 8 perahu peserta dan 1 perahu rescue dari Palapsi UGM, telah mengarungi aliran kali Progo 2 Januari 2010 kemarin. Dibantu oleh tim guide dari Mendut raft yang memberi rasa aman kepada seluruh peserta pengarungan. Acara ini diselingi oleh pelarungan bibit-bibit ikan di titik rest area pengarungan yang terletak di Klangon, membatasi Kabupaten Magelang dan Kulon Progo.

Ucap terima kasih kepada segenap pihak yang telah bersinergi dengan indah di event Progonaline ini. Tetap bersinergi di event-event kami selanjutnya. Sungai mempertemukan kita semua.

Senyum dari Jogja :)

~ jarody hestu

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.
Fill Captcha
Fill Captcha